10 Manfaat Belajar IELTS Reading di Era Modern Ini!

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memang penting untuk dipelajari di era modern seperti sekarang ini, apalagi dengan hadirnya teknologi seolah-olah tidak ada batasan antara satu negara dengan negara yang lainnya. Masyarakat bisa dengan bebas menjalin komunikasi dengan masyarakat di negara lain, tentunya dengan berbekal kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni komunikasi akan semakin mudah terjalin. Tak heran jika seandainya banyak diantara anak-anak yang sejak dini sudah mulai mendapatkan pendidikan Bahasa Inggris dari sekolah maupun tempat kursus, mulai dari yang basic, sampai dengan jenis kursus persiapan ujian IELTS, baik itu IELTS reading, speaking maupun yang lainnya.

Reading Test atau ujian membaca dalam ujian IELTS, merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan kemahiran Bahasa Inggris seseorang. Berikut adalah 10 manfaat belajar IELTS reading :

  1. IELTS dapat digunakan sebagai syarat dasar untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan membaca adalah salah satu komponen ujian terpenting dalam ujian IELTS. Bagi yang sudah sejak lama memiliki angan-angan untuk kuliah ke luar negeri, maka perbaiki terlebih dahulu kemampuan dalam berbahasa Inggris, karena ini adalah syarat awal nantinya bisa masuk kampus-kampus bergengsi yang ada di luar negeri. Begitu juga jika ingin mendapatkan program beasiswa selama belajar di luar negeri.
  2. Dapat membaca dan memahami bacaan Bahasa Inggris akan mempermudah komunikasi dengan orang lain.  Saat ini, kita sudah masuk era globalisasi, dimana seakan-akan tidak ada sekat antara satu negara dengan yang lainnya, semua orang bisa dengan bebas keluar masuk negara lain. Tentunya untuk mempermudah proses komunikasi dengan orang-orang dari luar negeri maka harus memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris bukan, karena hampir setiap negara memang mewajibkan masyarakatnya untuk belajar Bahasa Inggris.
  3. Dapat mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan. Ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mengisi posisi dalam sebuah perusahaan, tak hanya berbekal nilai yang bagus dan pendidikan tinggi saja. Melainkan satu diantaranya yang akan menjadi nilai tambah adalah memiliki keahlian dalam berbahasa asing, yaitu Bahasa Inggris. Dengan dapat memahami bacaan Bahasa Inggris, maka Anda akan memiliki nilai tambah karena untuk sebagian besar pemilik atau atasan di perusahaan, memiliki karyawan yang memahami instruksi dalam Bahasa Inggris merupakan suatu keawajiban. Maka hal ini akan menjadi pertimbangan penting sebuah perusahaan, khususnya adalah perusahaan asing untuk kedepannya menerima Anda.
  4. Tidak tersesat ketika liburan ke luar negeri. Jika Anda pergi berlibur ke negara-negara berbahasa Inggris, tentunya semua panduan di jalan-jalan ataupun pentunjuk untuk turis akan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan kemampuan membaca dan memahami bacaan Bahasa Inggris akan membuat Anda merasa lebih aman untuk berlibur ke negara tersebut dan tidak takut ditipu.
  5. Mempermudah menjalin relasi bisnis, dengan adanya internet sebagai media informasi, hingga untuk menunjang kebutuhan bisnis, maka sekarang ini penjualan barang tak hanya bisa dilakukan sebatas di dalam negeri saja, melainkan hingga ke luar negeri. Dengan kemampuan membaca dalam berbahasa asing maka akan lebih mudah dalam mencari produk dan layanan maupun menjalin relasi bisnis dengan orang dari negara lain. Sangat penting bukan untuk memperluas usaha yang dimiliki.
  6. Lebih mudah dalam mencari informasi apapun, misalnya untuk kebutuhan pendidikan atau bahkan hal-hal berskala internasional yang tengah terjadi sekarang ini, karena bisa langsung melihat sumber berbahasa Inggris yang lebih kredibel atau dapat dipercaya, dibandingkan dengan sumber-sumber terjemahan yang bisa membuat perbedaan arti dan makna. Itulah mengapa penting belajar IELTS reading untuk mengasah kemampuan dalam membaca.
  7. Kemampuan dalam berbahasa Inggris juga dapat digunakan untuk mendapatkan uang, sekarang ini ada banyak sekali pekerjaan dengan sistem freelance yang pastinya sangat cocok untuk menambah penghasilan, seperti dengan menjadi seorang penerjemah, kemudian juga bisa membuka kursus bahasa Inggris ataupun yang lainnya. Sangat cocok apalagi untuk para ibu rumah tangga, sehingga meskipun sudah menikah dan memiliki anak nantinya tetap ada pemasukan yang didapatkan.
  8. Tidak membatasi pergaulan, misalnya dengan mengandalkan media sosial sekarang ini masyarakat memang bisa secara bebas menjalin pertemanan dengan siapa saja, tanpa memandang letak geografis atau negara. Termasuk jika seandainya Anda juga ingin berteman dengan orang asing, dengan keahlian bahasa Inggris yang dimiliki maka akan memperluas jaringan pertemanan, tanpa batasan masyarakat Indonesia saja.
  9. Mempermudah penggunaan teknologi, karena kebanyakan diantara perangkat teknologi yang ada saat ini mengandalkan Bahasa Inggris sebagai buku panduannya, karena itu dengan keahlian membaca dalam berbahasa asing nantinya juga kian menguntungkan dalam memahami teknologi.
  10. Agar tidak tampak kuper atau ketinggalan zaman, apalagi sekarang dalam hal berbahasa banyak diantara anak muda yang sudah mulai mencampur-campur antara bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris, tentunya mereka yang tidak mengerti istilah-istilah tersebut nantinya akan tampak kurang gaul.

Namun jangan sembarangan juga dalam mengambil program kursus persiapan IELTS, berikut ini beberapa tips dalam pemilihannya agar tidak rugi, yaitu :

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan, beberapa orang mungkin mengambil les atau kursus yang satu ini dengan tujuan untuk masuk ke kampus yang ada di luar negeri. Untuk itu harus tau syarat IELTS seperti apa yang agaknya mereka perlukan, sehingga tidak salah di dalam memilih mengambil les.
  2. Lebih baik mencari tempat kursus yang sudah terpercaya atau terkenal, hal ini akan sangat mendukung program belajar tersebut. Jangan asal memilih yang ditawarkan dengan biaya kursus murah saja, karena belum tentu hal ini akan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Apalagi sekarang ini memang banyak sekali tempat kursus yang berlomba-lomba memberikan promo untuk calon siswanya.
  3. Tenaga pengajar, kebanyakan diantara tenaga pengajar yang digunakan bukan hanya dari Indonesia saja, melainkan jika tingkatannya sudah IELTS, maka tempat les tersebut sudah menggunakan tenaga pengajar dari luar negeri, carilah yang semacam ini karena dijamin mempercepat siswa untuk memahami materi, apalagi jika berhubungan dengan speaking.
  4. Lihat juga lamanya program tersebut berlangsung, ada yang ditawarkan 1 bulan penuh, namun rutin setiap hari, namun ada juga yang menawarkan program sampai berbulan-bulan dengan jam masuk seminggu 2 kali atau sekali. Sesuaikan juga apakah jam belajar tersebut sudah sesuai dengan biaya yang dibayarkan atau tidak, agar tidak rugi.
  5. Pertimbangkan tarif atau biaya tes dan kemungkinan untuk mendapatkan garansi, jika seandainya apa yang ditargetkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tempat kursus yang bagus akan selalu memberikan tawaran garansi.

Selain IELTS reading program, biasanya kusus persiapan IELTS sudah satu paket untuk persiapan komponen IELTS lainnya seperti speaking, writing hingga listening.  Ikuti semua komponen persiapan ini agar persiapan Anda menghadapi ujian IELTS lebih efektif dan efisien.