Langkah-langkah Mengajukan Pembuatan Visa Inggris Bagi WNI

Jalan-jalan keluar negeri memang salah satu bentuk liburan yang sangat menyenangkan sekali. Selain tempat baru, Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru disana tidak ditemukan di Indonesia. Nah, Anda salah satu orang yang mempunyai keinginan kuat untuk jalan-jalan ke Inggris dan negara sekitarnya? Selain harus mempersiapkan paspor, Anda juga harus memiliki visa Inggris atau visa UK untuk bisa masuk dan mengeksplor segala keindahan di negara orang. Jangan terburu-buru, semuanya tetap melalui persiapan yang matang sebelum bisa menikmati itu semua.

Banyak sekali orang yang sering mengatakan membuat dokumen untuk keluar negeri itu sangat sulit, apalagi pembuatan visa untuk pergi ke Inggris. Belum lama lamanya proses pembuatan mulai dari pengajuan hingga visa bisa ditangan. Hal ini sering sekali menjadi pembatal orang yang berencana untuk liburan ke sana. Tetapi bagi Anda jangan terlalu terburu untuk membatalkan terlebih dahulu sebelum mencari informasi. Karena pada artikel kali ini akan dibahas mengenai panduan untuk bisa mendapatkan visa.

Fakta yang ada di lapangan, pengajuan visa untuk liburan ke Inggris termasuk mudah dan tidak terlalu berbelit-belit. Meskipun memang untuk durasi yang diperlukan dari mulai pengajuan sampai dengan ditangan cukup lama. Jadi Anda yang ingin liburan ke Inggris, perlu untuk mengajukan dokumen pembuatan visa terlebih dahulu jauh-jauh hari. Untuk langkah pengajuannya sendiri bisa melalui berikut ini:

Siapkan syarat dan dokumen yang diperlukan.
Yang pertama sudah tentu harus mempersiapkan apa saja dokumen yang diperlukan sebelum melakukan pengajuan. Seperti pada pembuatan lainnya, untuk mendapatkan visa Inggris memang perlu beberapa dokumen penting. Mulai dari paspor, pas foto, identitas diri, rekening, tiket booking perjalanan, dan beberapa lainnya.

Mengajukan melalui online.
Jika sudah mengetahui mengenai informasi dan dokumen visa seperti apa saja yang diperlukan, saatnya untuk mengajukan melalui online. Disini Anda bisa langsung masuk melalui aplikasi dengan melakukan verifikasi menggunakan email. Setelah itu barulah Anda bisa mengisi formulir aplikasi visa. Ada beberapa hal yang sering dipertanyakan seperti biodata personal, keluarga, perjalanan sebelumnya, dan beberapa hal lainnya.

Membuat janji dan pembayaran aplikasi.
Setelah pengisian dan penandatanganan secara daring sudah beres, saatnya Anda mengatur janjian untuk melakukan pertemuan. Setelah itu juga melakukan pembayaran aplikasi visa, ini setiap jenis visa berbeda karena tergantung dari tujuan, durasi kunjungan dan juga beberapa lainnya.

Melakukan pertemuan.
Setelah semua persyaratan dan dokumen lengkap, saatnya Anda hadir di kantor pusat permohonan visa pada tanggal dan jam yang telah disepakati. Serahkan semuanya mulai dari formulir permohonan sampai dengan dokumen yang diperlukan. Umumnya dalam pertemuan ini akan diwawancarai mengenai tujuan perjalanan Anda ke Inggris, diminta data biometrik, foto dan juga sidik jari.

Keputusan mendapatkan visa.
Setelah semuanya selesai Anda bisa melakukan kegiatan biasanya sampai dengan mendapatkan informasi mengenai keputusan mendapatkan visa. Untuk waktu menunggu ini sangat beragam, tetapi jika Anda menggunakan layanan prioritas bisa mendapatkan dalam hitungan hari tetapi dengan biaya lebih besar.

Nah, setelah mengetahui 5 langkah seperti diatas masihkah menganggap jika untuk mendapatkan visa agar bisa liburan ke Inggris sulit? Memang semuanya itu tergantung kembali pada tujuan Anda, ada beberapa layanan yang bisa dipilih. Makanya supaya tidak menunggu lama, Anda bisa pahami terlebih dahulu apa saja jenis visa dan layanan seperti apa yang paling tepat digunakan agar tidak menunggu lama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya ataupun syarat pembuatan visa Inggris bisa cek melalui pusat permohonan visa.