Ternyata Begini Cara Cerdas Agar Lolos Beasiswa Luar Negeri

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam hidup. Bahkan, dapat dikatakan bahwa pendidikan memiliki peranan penting dalam setiap cerita kesuksesan, dimulai dari 12 tahun masa sekolah dan kemudian berlanjut ke jenjang perguruan tinggi. Dalam fase perkuliahan, Anda dapat menentukan program yang sesuai dengan minat bakat untuk ditekuni. Ada banyak pilihan jalan untuk menempuh pendidikan baik didalam negeri maupun ke luar negeri. Bagi sebagian orang, dapat menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu impian yang terlihat sulit, namun, impian tersebut saat ini semakin terbuka peluangnya dengan program beasiswa luar negeri.

Menempuh pendidikan diluar negeri dinilai akan memberikan kualitas yang lebih baik. Selain itu, sudah pasti Anda juga dapat semakin memperluas jaringan. Tidak jarang ada beberapa orang yang berhasil mengubah nasibnya setelah pulang dari luar negeri. Hal ini mungkin menjadi alasan kuat mengapa menempuh pendidikan di luar negeri menjadi sangat diminati banyak orang. Akan tetapi, sayangnya impian tersebut kadang harus terhenti karena masalah biaya. Sudah dapat dipastikan bahwa biaya pendidikan di luar negeri membutuhkan anggaran yang lebih besar jika dibandingkan Anda menempuh pendidikan di negeri sendiri.

source : www.monitorday.com

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki mimpi menempuh pendidikan di luar negeri, maka sekarang tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas beberapa tips atau cara cerdas agar bisa lolos mengikuti program seleksi untuk mendapatkan beasiswa pendidikan di luar negeri, antara lain :

  • Hal paling utama yang harus Anda penuhi adalah pastikan nilai akademik yang Anda miliki selalu tinggi dan Anda juga harus aktif dalam berbagai olimpiade sesuai dengan minat bakat yang Anda pilih.
  • Langkah selanjutnya selain nilai akademik, Anda juga diwajibkan untuk selalu berkontribusi aktif sebagai pelajar maupun mahasiswa yang tergabung dalam berbagai jenis organisasi diluar jam belajar.
  • Kemudian karena Anda akan mengikuti seleksi beasiswa luar negeri, maka sudah pasti syarat lain yang harus dipenuhi adalah mengerti dan menguasai bahasa asing, minimal bahasa inggris sebagai bahasa internasional.
  • Mencari referensi dan rekomendasi dari orang yang pernah mendapatkan jenis beasiswa yang satu ini juga dapat menjadi cara jitu untuk dilakukan, Anda bisa mendapatkan banyak program dan lebih mengetahui mengenai seleksi agar lolos untuk mendapatkan beasiswa tersebut.
  • Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendukung permohonan beasiswa jenis ini agar disetujui adalah pastikan Anda memenuhi kriteria dan syarat yang di berikan oleh pihak pemberi beasiswa untuk memastikan langkah seleksi selanjutnya agar lebih lancar.

Biasanya syarat dan lampiran yang harus di penuhi oleh pihak pemohon beasiswa akan berbeda-beda, tergantung pada panitia yang mengadakan beasiswa tersebut. Jika Anda dapat memenuhi dan melengkapinya tepat waktu, maka peluang untuk mendapatkan beasiswa sudah semakin dekat. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda bisa, mendapatkan surat rekomendasi dari instansi atau lembaga tertentu untuk mendukung permohonan beasiswa Anda.

Abel kini sedang mengenyam pendidikan S3 di Tilburg University, Belanda (Foto by Abelia)(dok. Abelia)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Abelia, Pelajar Indonesia Peraih 12 Beasiswa ke Luar Negeri Berbagi Rahasia”

Itulah ulasan mengenai cara cerdas agar lolos seleksi beasiswa luar negeri. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi jika saat ini sedang mencari dan memperjuangkan jenis beasiswa tersebut. Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah, jika Anda gagal mendapatkan beasiswa jenis ini di salah satu lembaga, maka jangan langsung menyerah. Anda harus segera bangkit dan mencoba mencari kembali beasiswa tersebut, dengan begitu Anda sudah pasti bisa mendapatkannya dan mewujudkan apa yang menjadi impian Anda selama ini.