Cara Tepat Merawat Sepatu Pria Sesuai dengan Bahan dan Modelnya

Sepatu bagi pria adalah bagian dari karakteristiknya. Seorang pria dewasa pasti memiliki koleksi sepatu yang sesuai dengan karakter serta seleranya. Banyak pilihan model dan bahan sepatu yang digunakan untuk membuat sepatu pria. Dalam hal ini, para pria juga bisa bergaya seperti wanita dalam memilih dan menggunakan sepatu. Sepatu untuk pria memiliki model yang lebih tertutup dibandingkan dengan sepatu wanita yang menampakkan sebagian atas telapak kakinya. Karena itu, jika sepatu untuk pria kotor sedikit saja, akan mudah tampak dan mengurangi penampilannya. Untuk itu para pria sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawat sepatunya agar selalu tampak bersih dan baru.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Sepatu Vans Indonesia Banyak Dicari

Reebok DMX Series 1200

Reebok DMX Series 1200 | Sumber gambar : Bobobobo.com

Bagi Anda para pria yang memiliki banyak koleksi sepatu, berikut ini adalah cara merawat sepatu yang dibedakan dari bahan pembuat sepatu dan modelnya yang bisa Anda praktekkan untuk membersihkan dan merawat koleksi sepatu Anda:

1. Sepatu sneakers

Sepatu sneakers menjadi salah satu sepatu yang banyak dimiliki oleh pria karena sifatnya yang santai dan enak digunakan. Cara membersihkan sepatu jenis ini adalah dengan menggunakan penghapus pensil. Jika sepatu sneakers memiliki noda di bagian samping atau badan sepatu, gunakan penghapus dan aplikasikan seperti ketika Anda akan menghapus tulisan. Sedangkan untuk cara membersihkannya, Anda bisa melepaskan tali sneakers kemudian mencuci sepatu dengan air sabun dan menyikatnya dengan sikat halus. keringkan sepatu di bawah terik matahari dengan cara bolak-balik agar kering di seluruh bagiannya.

2. Sepatu kulit

Jenis sepatu kulit juga merupakan model yang banyak digunakan pria untuk keperluan yang lebih resmi. Agar tampak sesuai dengan sifatnya, sepatu kulit diusahakan agar selalu mengkilap. Caranya adalah dengan menyikat sepatu menggunakan sikat halus dan minyak atau wax khusus untuk bahan kulit. Selain itu cara penyimpanannya juga perlu diperhatikan karena bahan kulit dapat dipengaruhi oleh cuaca. Gunakan koran bekas yang diremas sehingga lebih padat untuk dimasukkan dalam sepatu yang akan lama Anda simpan agar tidak mudah berubah bentuknya. Letakkan kembali dalam box agar tak ditempeli debu.

3. Sepatu karet

Jika sepatu Anda basah karena hujan atau setelah dicuci dengan air, jangan mengeringkannya dengan cara diletakkan di dekat benda panas seperti belakang almari es atau lokasi lainnya. Berdekatan dengan benda panas justru akan mempengaruhi bentuknya karena bisa saja sepatu Anda yang terbuat dari karet akan melepuh akibat hawa panasnya. Keringkan sepatu karet dengan cara dijemur dibawah terik matahari setengah siang dengan arah terbalik dan setengah siang dengan arah menghadap ke atas.

4. Shoe horn

Sering memiliki masalah dengan bagian ujung sepatu yang cepat rusak akibat di injak orang? Gunakan shoe horn yang bisa Anda beli di toko sepatu. Shoe horn ini gunanya untuk menahan injakan di bagian ujung sehingga meski ujung sepatu terinjak sepatu tak mudah berubah bentuk.

Gunakan cara merawat sepatu pria sesuai dengan model dan bahan sepatu yang Anda miliki. Jangan menunggu sepatu kotor atau rusak untuk mulai merawatnya. Meski baru namun jika penggunaan dan perawatan sepatu tak sering dilakukan padahal Anda sering menggunakannya, maka sepatu akan cepat terlihat kusam. Tips penting lainnya adalah jangan hanya menggunakan satu pasang sepatu yang sama dari hari ke hari. Beri waktu istirahat untuk sepatu Anda agar bisa dibersihkan secara menyeluruh. Miliki beberapa pasang sepatu sehingga Anda bisa menggunakannya bergantian.