Inilah Cara Tepat Merawat Sepatu Sneakers yang Berwarna Putih

Selain sandal, sepatu merupakan salah satu fashion item yang harus dimiliki tidak hanya oleh orang dewasa namun juga anak-anak. Ada banyak jenis sepatu yang biasanya tersimpan rapi di rak sepatu namun beberapa diantaranya adalah sepatu sneakers. Jika sepatu tersebut memiliki sol yang berwarna hitam, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah, namun jika sol berwarna putih, secara perlahan akan berubah menjadi kuning dan membuat Anda susah untuk mencucinya.

Reebok CL Leather ATI

Reebok CL Leather ATI | Sumber gambar : Bobobobo

Baca Juga:

Fans dari ‘Stranger Things’ Harus Punya Sepatu Reebok yang Satu Ini!

Cara Tepat Merawat Sepatu Pria Sesuai dengan Bahan dan Modelnya

Inilah Alasan Mengapa Sepatu Vans Indonesia Banyak Dicari

Kenali Cara Jitu untuk Membedakan Sepatu Basket Asli dan KW yang Ada di Pasaran

Ulasan Seputar Berbagai Sepatu Cantik dari Sophia Webster dan Tips Memilihnya

Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara yang bisa Anda coba di rumah. Pertama adalah menyiapkan campuran yang terbuat dari perasan jeruk nipis dan garam. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 3 sdt air jeruk nipis : ½ sdt garam dapur dan aduk hingga merata dan nantinya akan digunakan sebagai pembersih dan menghancurkan noda kuning. Oleskan ke bagian yang menguning dan biarkan mengering. Dengan cara tersebut Anda bisa mengubah warna kuning menjadi putih kembali.

Onitsuka Tiger GSM

Onitsuka Tiger GSM | Sumber gambar : Bobobobo

Tahapan kedua adalah dengan menggunakan sabun colek. Setelah sepatu tersebut mengering setelah diberi campuran air jeruk nipis dan garam, maka gunakan sabun cuci colek yang biasanya Anda gunakan untuk mencuci. Hindari untuk menggunakan deterjen karena hasilnya akan kurang maksimal. Setelah Anda mencuci sneakers Anda dengan sabun cuci tersebut maka keringkan hingga benar-benar kering agar tidak tumbuh jamur.

Setelah itu gunakan baking soda. Ada banyak manfaat dari baking soda selain membantu untuk menghilangkan bau tidak sedap juga bisa memutihkan gigi dan sepatu. Namun, hindari untuk menggunakan baking soda yang terlalu banyak karena bisa saja warna sepatu berubah terutama yang berwarna. Caranya yaitu campurkan baking soda dan air lalu aduk hingga menjadi pasta lalu oleskan ke sol sepatu dan tunggu hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan bersih.

Jika setelah perawatan tersebut hasilnya tidak sesuai selera misalnya karena terlalu banyak jamur sehingga susah untuk bersih, dan Anda memutuskan untuk membeli lagi, untuk menghilangkan bau karet pada sandal, bisa menggunakan 2 cara ini:

– Gunakan air panas. Jika sepatu yang dipilih adalah sepatu yang terbuat dari karet yang tidak ada lem dan kain, rendam di air panas dengan suhu yang tidak terlalu panas. Lakukan perendaman berkali-kali apabila sepatu masih memiliki bau karet yang menyengat.

– Mempergunakan sabun cuci piring. Gunakan sabun cuci piring sesuai dengan kebutuhan Anda, gosokkan lalu bilas dengan bersih.

Sedangkan untuk merawat sepatu sneakers yang semuanya berwarna putih, beberapa caranya yaitu:

– Gunakan sedikit sabun/sabun pencuci piring/shampoo lalu campurkan ke air dan gunakan spons basah untuk membersihkan kotoran pada sepatu. Bilas hingga bersih. Sembari kering, jangan lupa isi bagian dalam sepatu dengan kepalan kertas sehingga bentuknya tetap terjaga.

– Basuh secara perahan dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi di bawah air mengalir agar bisa membersihkan hingga ke bagian yang terkecil. Bersihkan menyeluruh dan bilas.

– Menggunakan pemutih. Cara ini bisa dilakukan untuk membersihkan secara menyeluruh namun sebaiknya Anda mencobanya dahulu di salah satu bagian sepatu yang tidak begitu terlihat, lalu sikat dengan sikat gigi. Tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya. Jika memuaskan, Anda bisa melakukannya secara menyeluruh dan jangan lupa gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

– Menggunakan semir sepatu netral. Cara ini sama seperti menggunakan pemutih, yaitu coba dahulu di bagian tersembunyi untuk melihat hasil warnanya. Jika memuaskan gosokkan semir dengan gerakan melingkar ke sepatu Anda.