Kapan Saat yang Tepat untuk Menggunakan Tas Backpack?

Sebagai manusia yang memiliki banyak kebutuhan, hampir jarang ditemukan seseorang yang bepergian atau keluar rumah tanpa menggunakan tas. Tas merupakan perlengkapan yang sangat penting karena bisa dipakai untuk membawa berbagai kebutuhan manusia sehingga lebih mudah dibawa dalam perjalanan. Di pasaran sendiri, ada banyak jenis tas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam kategori besar, tas dibagi menjadi 2 yaitu tas selempang yang memiliki satu tali dan tas backpack atau tas punggung dengan 2 buah tali untuk penggunaan di kedua buah pundak.

Di jaman dahulu, tas selempang lebih umum dipakai untuk wanita dan tas punggung lebih umum dipakai untuk pria. Namun hal tersebut tak terjadi di masa sekarang dimana baik pria maupun wanita sama-sama memiliki model tas selempang maupun tas punggungnya masing-masing. Keduanya bisa digunakan secara bergantian sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kebutuhan barang bawaan yang tak terlalu berat, Anda bisa mengandalkan tas selempang yang umumnya memiliki volume penyimpanan lebih kecil. Begitu juga sebaliknya jika barang bawaan yang dibutuhkan banyak, Anda bisa mengandalkan tas punggung yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar.

Sebagai contoh yang lebih memudahkan Anda memilih mana tas yang sebaiknya dipakai, berikut ini adalah beberapa point pemilihan yang bisa Anda gunakan :

Jumlah dan besar barang bawaan yang dibawa

Matador Beast28 Technical Packable Backpack – Sumber : Bobobobo

Seperti yang disebutkan tadi, jika jumlah barang bawaan Anda cukup banyak dimana barang tersebut memiliki volume yang besar, maka memilih penggunaan tas punggung akan lebih bijaksana. Namun jika barang bawaan adalah barang yang kecil seperti make up dan dompet saja, maka Anda bisa menggunakan tas selempang

Berat Barang

Matador Beast28 Technical Packable Backpack – Sumber : Bobobobo

Meski barang yang dibawa hanya satu jenis dan dalam ukuran yang kecil, namun jika berat maka tak ada salahnya Anda menggunakan tas backpack. Hal ini dimaksudkan untuk membagi rata beban berat barang ke kedua pundak Anda sehingga lebih sehat untuk postur tubuh dibanding menggunakan tas selempang yang hanya menitikkan berat pada satu pundak saja

Transportasi yang digunakan

Matador Transit30 2.0 Packable Duffle Bag Charcoal  – Sumber : Bobobobo

Pemilihan jenis transportasi pada saat bepergian juga bisa digunakan untuk acuan memilih jenis tas yang sebaiknya digunakan. Jika Anda memilih transportasi umum, sebaiknya memakai tas punggung yang digunakan di depan untuk menjaga keamanannya.

Cuaca

Matador Transit30 Packable Duffle Bag Grey – Sumber : Bobobobo

Kini sudah diciptakan mantel backpack yang bisa dipakai untuk melindungi tas punggung saat hujan. Hal ini bisa menjadi point acuan pemilihan sehingga Anda lebih bisa mengantisipasi cuaca dengan baik. Dengan memilih tas punggung yang sudah memiliki mantel saat cuaca mendung, Anda juga bisa memiliki ruang penyimpanan lebih untuk menyimpan benda lainnya yang rawan terhadap air didalam tas punggung Anda tersebut

Jenis Kegiatan

Givenchy Backpack – Sumber : Bobobobo

Yang paling penting adalah sesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Jika ingin menghadiri resepsi maka sebaiknya tidak menggunakan tas punggung meski Anda membawa kado dalam ukuran besar

Itulah beberapa contoh point pemilihan dimana sebaiknya Anda harus memilih tas backpack dibanding tas selempang ataupun sebaliknya. Dengan memilih penggunaan jenis tas dengan tepat, Anda akan lebih nyaman saat bepergian. Selain dengan cara pemilihan di atas, Anda juga bisa mencoba kedua tas terlebih dahulu dengan memasukkan barang bawaan yang akan dibawa dan melihat mana yang lebih aman dan nyaman dilihat. Pilihlah jenis tas selempang atau tas punggung yang sesuai untuk jenis kegiatan yang akan dilakukan.