Kenali Cara Jitu untuk Membedakan Sepatu Basket Asli dan KW yang Ada di Pasaran

Dalam olahraga keberadaan sepatu memang sangat penting, apalagi jika itu merupakan jenis olahraga basket. Mungkin Anda sebagai salah satu penggemar bola basket paham dengan merk sepatu ternama sekelas Jordan brand yang merupakan sepatu yang diproduksi Nike dan bekerjasama dengan pemain basket kenamaan Jordan. Sampai sekarang ini merk sepatu tersebut menjadi incaran banyak orang akibat aksi pebasket terkenal tersebut. Hal itu semakin membuktikan bahwa memang sepatu dapat menunjang performa Anda dalam setiap kali olahraga, maka dari itu penting memilih sepatu yang tepat untuk aktivitas olahraga.

Baca Juga:

Mengulas Tentang Sepatu Nike, Brand Running Shoes Terfavorit di Indonesia

Sebelum membahas cara pemilihan sepatu yang tepat, sepertinya Anda perlu mengetahui juga sejarah dari berdirinya brand sepatu terkenal dari pemain basket Michael Jordan. Pertama kalinya ada merk sepatu yang dahulunya belum terkenal seperti sekarang ini yaitu Nike. Brand-brand sepatu olahraga yang lain dan sudah terkenal selalu menjadikan para atlit olahraga dalam penjualannya. Nah, setelah itu Nike juga mengikuti jejak tersebut dengan menggandeng Michael Jordan yang dahulu belum terkenal. Pertamanya memang sangat sulit mendapatkan tanda tangan kerjasama dari Jordan tetapi setelah beberapa kali akhirnya mereka melakukan kerjasama.

Singkatnya pada beberapa kali pertandingan Jordan menggunakan sepatu yang didesain oleh brand Nike. Tidak khayal dalam pertandingan tersebut Jordan memberikan tampilan yang sangat keren hingga menjadi pemain yang terkenal sampai saat ini. Hal itu pula yang dimanfaatkan oleh Nike untuk terus melakukan promosi dari sepatu yang digunakan oleh Jordan dan menggunakan merk yang diambil dari nama pemain tersebut. Jika Anda mengenal Jordan Air pasti mengetahui juga Jordan brand yang sampai saat ini masih laris dipasaran. Semakin kesini desain sepatu tersebut semakin bervariasi, walaupun harga yang tergolong mahal tetapi kualitas memang tidak bisa dipungkiri.

Tetapi seiring banyaknya permintaan sepatu merk-merk terkenal seperti Jordan air dan lainnya, semakin banyak pula produsen yang menciptakan dalam bentuk tiruan. Bagi Anda yang masih awam dalam produk sepatu tiruan atau asli perlu mempelajari terlebih dahulu sebelum membeli. Berikut ini ada tips yang bisa Anda gunakan untuk membedakannya yaitu:

1. Keawetan
Untuk pertama pasti masalah keawetan atau masa pakai, untuk produk yang asli sudah tidak perlu lagi Anda pertanyakan kualitas atau keawetannya. Karena brand-brand luar negeri pastinya mempunyai standar sendiri dalam memproduksi. Bahkan dalam quality control mereka jika menemukan sedikit saja masalah langsung dijadikan sebagai barang yang tidak terpakai dan harus dibuang. Nah, sangat berbeda dengan tiruan atau KW yang masa pakainya lebih pendek. Sekali dua kali saja Anda gunakan sudah langsung mengalami kerusakan.

2. Harga
Dari segi harga sudah jauh lebih berbeda antara produk asli dan produk tiruan, bahkan bisa 100 kali lipatnya. Mungkin Anda semuanya paham bahwa sepatu basket ataupun jenis lainnya dari Jordan Brand asli dan tiruan mempunyai selisih harga yang sangat banyak. dari yang tiruan bisa didapat dengan harga ratusan ribu untuk yang asli Anda harus mempunyai uang jutaan rupiah untuk mendapatkannya.

3. Tempat pembelian
Salah satu yang dapat menjadi pembeda antara produk asli dan palsu adalah tempat pembeliannya. Walaupun sekarang ini sejenis brand luar negeri seperti Jordan air sudah banyak ditemukan di toko online tetapi hanya toko-toko tertentu saja. Kalaupun di store, Anda hanya bisa mendapatkan pada store resmi. Hal itu berbanding terbalik dengan sepatu tiruan yang pada sembarang tempat pasti menyediakan.

4. Logo sepatu
Lalu Anda bisa mengenali perbedaan tersebut juga dari logo yang ada pada sepatu, setiap brand pasti mempunyai ciri logo yang berbeda-beda. Anda bisa memperhatikan dan meneliti hal itu untuk mendapatkan produk yang benar-benar asli. Misalnya Nike, pasti mempunyai hologram atau logo khusus yang susah sekali untuk mengalami kerusakan. Berbeda dengan jenis tiruan, walaupun sekilas sama tetapi kualitas dan bahan pembuatan logo tersebut berbeda.

5. Perhatikan bahan
Selanjutnya Anda bisa memperhatikan juga pada bahan yang digunakan oleh sepatu tersebut, misalnya bahan yang kasar, warna yang mudah memudar, jahitan yang tidak rapi atau lain sebagainya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu langkah Anda untuk membedakan mana yang memang benar-benar asli dan palsu.

6. Bagian alas sepatu
Lihat juga pada bagian alas sepatu untuk membedakan mana yang benar asli dan palsu, karena umumnya juga berbeda. Untuk sepatu basket atau olahraga asli pasti bagian sol bawah menggunakan bahan karet jadi tidak licin ketika digunakan. Berbeda dengan jenis sepatu tiruan yang umumnya hanya menggunakan plastik atau karet tiruan.

7. Jangan hanya melihat iklan
Iklan memang salah satu media yang bisa menjadi alat penentu Anda sebelum membeli sepatu, lebih baik Anda hindari hal tersebut. apalagi iklan yang menawarkan sepatu kelas asli tetapi harganya murahan. Perlu Anda cek terlebih dahulu sebelum membeli, hal ini sering terjadi pada toko online.

Bukan tidak mungkin Anda akan menemukan sepatu yang tepat dan benar-benar asli dengan beberapa langkah pertimbangan diatas. Sekarang ini banyak sekali beredar sepatu tiruan karena memang melihat permintaan pasar yang semakin tinggi. Tetapi jika memang Anda mempunyai finansial yang lebih alangkah baiknya membeli yang benar-benar asli. Bukan masalah harga yang lebih mahal tetapi kualitas yang akan Anda dapatkan juga akan lebih baik. Tidak sedikit orang yang merasa tertipu karena membeli sepatu yang ternyata hanya tiruan melalui toko online karena kurangnya pemahaman cara membedakan.

Selain cara membedakan sepatu asli dan tiruan yang perlu anda ketahui, cara memilih toko online yang tepat juga penting. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda jadikan referensi dalam berbelanja online untuk mendapatkan barang asli yaitu:

1. Lihat tampilan dari toko online tersebut, jika memang benar resmi dan terpercaya pasti halaman akan rapi dan menggunakan domain asli.
2. Menyertakan alamat atau kontak yang jelas.
3. Memberikan pelayanan yang terbaik dalam setiap proses pemesanan sampai dengan pengiriman barang.
4. Adanya jaminan jika memang barang yang Anda beli ada kerusakan ataupun masalah lainnya.
5. Untuk menemukan brand-brand terkenal tidak bisa ditemukan pada sembarang toko online, jika Anda menemukan hal tersebut pada toko-toko online biasa. Anda perlu cek kembali mengenai keaslian produknya.
6. Memberikan keterangan produk secara detail dan terperinci sampai konsumen paham.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan toko online yang benar-benar terpercaya. Sebenarnya tidak melulu toko online juga karena sepatu atau barang tiruan lainnya bisa Anda temukan pada sembarang tempat. Yang paling penting adalah Anda memahami bagaimana cara membedakan mana yang benar asli dan palsu. Karena semuanya mempunyai segmen pasar yang berbeda, jadi tetaplah menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dalam berbelanja.