Tips Merawat Gaun Dress Pesta dengan Benar Agar Awet

Gaun dress merupakan busana yang kerap dikenakan oleh wanita untuk menghadiri sebuah acara pesta, bisa pesta pernikahan, ulang tahun, pesta kantor, dan untuk kegiatan lainnya. umumnya gaun dibuat dengan bahan dan tingkat kesulitan yang tinggi. Belum lagi desain modelnya yang cukup variatif dengan berbagai aksen hiasan untuk membuatnya semakin menarik, seperti penambahan hiasan payet, mutiara, ataupun hiasan aplikasi. Sehingga tidak heran jika rata-rata gaun dijual dengan harga yang relatif sangat mahal. Beberapa wanita biasanya memiliki koleksi gaun yang cukup banyak di lemarinya. Sehingga akan sangat bijak jika mampu merawat gaun-gaun yang dimiliki agar bisa digunakan berkali-kali namun tetap awet dan tahan lama.

Vintage Treasure Red Dolce Maxi Dress | Sumber gambar : Bobobobo.com

Berbeda dengan jenis pakaian lainnya, cara perawatan gaun sangat berbeda. Anda tidak boleh sembarangan mencucinya layaknya mencuci pakaian yang sering Anda gunakan sehari-hari. Belum lagi saat menyetrikanya, tentu memiliki penanganan yang berbeda juga. Saat harus menyimpannya pun Anda memerlukan tempat dan cara khusus agar bahan gaun maupun aksen hiasan yang terpasang di gaun tidak mudah lepas dan rusak. Meskipun cara perawatannya berbeda dari jenis pakaian lainnya, namun Anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Menilik Koleksi Pakaian Spring dan Summer 2018 dari Anna Sui

Merawat gaun dengan baik dan benar cukup mudah untuk dilakukan asalkan Anda tahu caranya. Nah, agar tidak semakin penasaran, berikut ini cara perawatan gaun pesta yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan terlalu sering mencuci gaun pesta

Gaun yang terlalu sering akan membuat warnanya semakin cepat pudar bahkan bahannya melar. Jika gaun digunakan untuk menghadiri pesta yang tidak terlalu lama durasi waktunya, sebaiknya gaun tidak perlu dicuci. Cukup gantung dan angin-anginkan gaun saja. Anda bisa menyetrika uap gaun tersebut jika ingin digunakan kembali. Jika saat digunakan terdapat noda atau kotoran yang menempel, cukup bersihkan di area yang bernoda tersebut saja. Cuci dengan tangan menggunakan sabun berbahan lembut agar serat kainnya tidak berbulu.

2. Jangan mencuci gaun pesta dengan mesin cuci

Gaun pesta biasanya memiliki detail tambahan seperti aksen hiasan berupa aplikasi hiasan tempel hingga hiasan payet dan mutiara. Mencucinya di mesin cuci bisa mengakibatkan struktur gaun dan hiasan-hiasan tersebut menjadi rusak. Cukup cuci dengan tangan saja menggunakan sabun berbahan lembut. Hindari menggunakan sikat cuci untuk membersihkan area yang bernoda karena bisa menyebabkan serat kain menjadi berbulu. Untuk Anda yang tidak ingin repot, tidak masalah menggunakan jasa dry cleaning untuk mencuci gaun Anda.

3. Menggantung gaun pesta dengan gantungan baju atau hanger

Sangat tidak dianjurkan menyimpan gaun dengan cara melipatnya dan ditumpuk dalam lemari seperti jenis pakaian lain kebanyakan. Agar konstruksi gaun tetap rapi, sebaiknya gantung gaun menggunakan hanger atau gantungan baju. Namun jika gaun tersebut berbahan rajut, maka jangan menggantungnya dengan hanger karena akan membuat bahannya menjadi semakin melar. Untuk gaun dari rajutan bisa disimpan dengan cara dilipat dan ditumpuk dengan pakaian lain juga tidak apa-apa.

4. Memilih jenis gantungan baju dengan bahan yang lembut

Frekuensi acara pesta biasanya tidak begitu sering. Sehingga lebih baik menggunakan hanger berbahan lembut agar tidak menimbulkan bekas pada gaun karena hanger yang keras atau runcing. Selain itu hanger berbahan lembut juga akan menghindarkan gaun dari resiko rusak serat kainnya.

5. Menggunakan polybag plastik untuk menghindari gaun dan debu menempel di gaun pesta

Pergunakan polybag plastik diluar gaun saat digantung dengan hanger. Hal ini untuk menghindarkan gaun dari debu maupun kotoran yang menempel.

6. Mengeluarkan gaun yang tersimpan lama di lemari untuk diangin-anginkan

Agar tidak apek karena terlalu lama disimpan, keluarkan gaun sekali-sekali untuk diangin-anginkan. Tambahkan kamper atau kapur barus di almari penyimpanan untuk menghindari bau apek di gaun dress yang disimpan.